Selasa, 18 Oktober 2016

APAKAH BOLEH MENGERJAKAN PUASA SYAWAL DENGAN NIAT SEKALIAN PUASA QADHA'

Yang dimaksud dengan PUASA 6 adalah : Puasa 6 hari di bulan syawal.

Yang dimaksud dengan PUASA GANTI adalah :  Puasa Ramadhan yang dikerjakan di luar bulan Ramadhan. Sering disebut dengan bayar hutang puasa atau puasa qadha’

Hal ini dilakukan karena pada bulan Ramadhan , dia berada dalam keadaan yang diharamkan puasa (misalnya haidh) , atau dalam keadaan mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa (misalnya sakit atau bepergian)

DARI SAYA 
Pertanyaan seperti ini sudah pernah ditanyakan kepada saya .
Saya sudah pernah menjawabnya pada awal bulan syawal yang lalu.

SOAL 
Apakah boleh mengerjakan puasa syawal dengan niat sekalian puasa qadha’ (pengganti) puasa Ramadhan. Maksudnya : puasa 1 hari tapi niatnya 2 macam : puasa syawal dan puasa qadha’ Ramadhan.

JAWAB 
Tidak Boleh.
Karena puasa qadha’ Ramadhan dan puasa syawal 6 hari adalah 2 macam ibadah yang berbeda dan harus dilakukan pada waktu yang berbeda . 

عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتِ بْنِ الْحَارِثِ الْخَزْرَجِىِّ عَنْ أَبِى أَيُّوبَ الأَنْصَارِىِّ - رضى الله عنه - أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Bersumber dari Umar bin Tsabit bin Al Harits Al Khazraji dari Abu Ayyub Al Anshari r.a bahwasanya dia mengatakan kepadanya,  bahwa Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengiringinya dengan puasa 6 hari dalam bulan syawal maka dia seperti puasa 1 tahun penuh.
Hadits  shahih riwayat Muslim Kitabush Shiyam bab no 1164
Abu Dawud Kitabush Shaum bab 59 no 2433
Tirmidzi Kitabu bab no 759
Nasaai Kitabu bab no 2862
Ibnu Majah Kitabu bab no 1716

PENJELASAN 
Dalam hadits ini difahami bahwa puasa Ramadhan dan puasa syawal 6 hari harus dilakukan pada hari yang berbeda. 

Kalau mau nekat berniat puasa syawal sekalian puasa qadha’ Ramadhan , mestinya orang yang tidak punya hutang puasa Ramadhan sekalian saja dia melakukan puasa Ramadhan dengan niat puasa Syawal sehingga ketika masuk bulan syawal tidak usah berpuasa lagi 6 hari.

Adakah yang mau melakukan seperti ini ? Tentu saja tidak ada. Karena cara seperti ini bukan bagian dari ajaran dari Nabi saw.  

PERBANDINGAN 
1. Apakah boleh mengerjakan shalat sunnah sebelum dhuhur 4 raka’at sekalian dengan niat shalat dhuhur. Sehingga shalat dhuhur tidak perlu dikerjakan lagi. Cukup dengan shalat qabliyah dhuhur yang 4 raka’at tadi.

Jawab : tidak boleh.

2. Apakah boleh membaca Al Fatihah pada raka’at pertama dalam shalat maghrib diniatkan sekalian dengan Al Fatihah pada raka’at ke 2 dan ke 3.

Sehingga pada raka’at ke 2 dan ke 3 tidak perlu membaca Al Fatihah lagi ?

Jawab : tidak boleh. 

SELESAI.
Oleh : Ustadz Mubarak Abdul Rahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG HIJRAH MENANTI