Selasa, 09 Agustus 2016

SHALAT JAMA’ DAN QASHAR



1. SHALAT JAMA’ : Adalah melakukan dua macam shalat secara bersama dalam satu waktu, baik dilakukan pada waktu shalat yang pertama maupun pada waktu shalat yang kedua

Praktek shalat jama’ :

* Shalat dhuhur dan ashar yang dilakukan diwaktu dhuhur
* Shalat dhuhur dan ashar yang dilakukan diwaktu ashar
* Shalat maghrib dan isya’ yang dilakukan di waktu maghrib
* Shalat maghrib dan isya’ yang dilakukan di waktu isya’


Shalat jama’ ada 2 macam :  Jama’ taqdim dan jama’ ta’khir
a) Jama’ taqdim :  * Shalat dhuhur dan ashar yang dilakukan diwaktu dhuhur
                              * Shalat maghrib dan isya’ yang dilakukan di waktu maghrib


• Jama’ taqdim adalah rukhshah ( keringanan ) dalam agama yang diberikan kepada orang yang berada dalam safar atau ketika berada di persinggahan dalam safar.

• Apabila masih berada di kampung halaman (belum berangkat safar), maka tidak ada jama’ taqdim

• Orang yang berada dalam safar boleh memilih : dia boleh menjama’ shalat, boleh juga shalat pada waktu masing masing dengan cara qashar (meringkas yang 4 raka’at menjadi 2 raka’at). Rasulullah saw pernah menjama’ dan pernah juga tidak menjama’ shalat dalam safar.

SUMBER RUJUKAN

1. Jama’ taqdim adalah rukhshah ( keringanan ) dalam agama yang diberikan kepada orang yang berada dalam safar atau ketika berada di persinggahan dalam safar.

وَعَنْ كُرَيْبٍ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَلاَ أُحَدِّثُكُمْ عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى السَّفَرِ قَالَ قُلْنَا بَلَى. قَالَ كَانَ إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ فِى مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ يَرْكَبَ
تعليق شعيب الأرنؤوط : صحيح

Bersumber dari Kuraib bahwasanya Ibnu Abbas r.a berkata : Maukah kalian kuberitahu tentang shalatnya Rasulullah  saw di dalam perjalanan ? Kami berkata : Mau.
Ibnu Abbas r.a berkata : Apabila matahari telah tergelincir ( sudah masuk waktu dhuhur ) ketika Nabi saw masih tempat tinggalnya (di persinggahan dalam safar) , maka beliau saw menjama’ shalat dhuhur dengan ashar sebelum berangkat.
 
Hadits shahih riwayat Ahmad 1/368 no 3470         

2. Apabila masih berada di kampung halaman (belum berangkat safar), maka tidak ada jama’ taqdim

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ ، ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا ، فَإِنْ زَاغَتِ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ

Bersumber dari Anas bin Malik r.a, dia berkata : Bahwasanya Rasulullah saw apabila bepergian sebelum matahari tergelincir ( sebelum masuk waktu dhuhur ) , beliau saw menunda shalat dhuhurnya hingga masuk waktu ashar, kemudian beliau saw turun dari kendaraannya dan menjama’ 2 shalat tersebut. Dan apabila beliau saw berangkatnya setelah matahari tergelincir (telah masuk waktu dhuhur) maka beliau saw shalat dhuhur saja kemudian berangkat.
 

Hadits shahih riwayat Al Bukhari Kitabu Taqshirish Shalah bab 16 no 1112 ( ini adalah lafadznya )
Muslim Kitabu Shalatil Musaafiriin bab 5 no 704

Penjelasan :

Nabi saw mengajarkan kepada umatnya tentang shalat jama’ berkaitan dengan perjalanan:

•  Apabila Nabi saw berada di persinggahan dalam perjalanannya , kemudian beliau saw bersiap berangkat , maka beliau saw mengerjakan shalat dhuhur dan ashar di waktu dhuhur dengan cara jama’ taqdim sekalian di qashar (shalat dhuhur dan ashar dikerjakan masing masing 2 raka’at)

•  Apabila waktu dhuhur telah masuk padahal Nabi saw belum berangkat dari rumahnya, maka beliau saw melakukan shalat dhuhur saja 4 raka’at. Tidak dijama’ taqdim dengan shalat ashar dan tidak diqashar (shalat dhuhurnya dikerjakan dengan 4 raka’at).

•  Apabila Nabi saw berangkat sebelum dhuhur , maka ketika masuk waktu dhuhur di perjalanan , Nabi saw menunda shalat dhuhurnya sampai masuk waktu ashar. Ketika masuk waktu ashar, Nabi saw turun dari kendaraannya , kemudian mengerjakan shalat dhuhur dan ashar dengan cara jama’ ta’khir dan diqahar (shalat dhuhur dan ashar dikerjakan masing masing dengan 2 raka’at).

3. Orang yang berada dalam safar boleh memilih : dia boleh menjama’ shalat, boleh juga shalat pada waktu masing masing dengan cara qashar.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ .... فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ التَّرْوِيَةِ تَوَجَّهُوا إِلَى مِنًى فَأَهَلُّوا بِالْحَجِّ وَرَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَصَلَّى بِهَا الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ

Bersumber dari Jabir bin Abdullah r.a dia berkata ........... Maka ketika hari tarwiyah (tanggal 8 Dzul Hijjah), para shahabat berangkat menuju ke Mina (bersama dengan Nabi saw) dan berihram untuk haji. Maka Nabi saw mengerjakan shalat disana (di Mina) : dhuhur, ashar, maghrib, isya’ dan shubuh.

Hadits shahih riwayat Muslim Kitabul Haj bab 19 no.1218
 
عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ وَصَلَّيْتُ مَعَ أَبِى بَكْرٍ الصِّدِّيقِ بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ وَصَلَّيْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ

Bersumber dari Ibnu Mas’ud r.a , dia berkata : Aku shalat dengan Rasulullah saw di Mina 2 raka’at,dan aku shalat dengan Abi Bakar Ash Shiddiq r.a di Mina 2 raka’at, dan aku shalat dengan Umar bin Al Khaththab di Mina 2 raka’at
Hadits shahih riwayat Al Bukhari Kitabut Taqshiirish Shalah bab 2 no 1084
Muslim Kitabu Shalatil Musaafirin bab (2)  qashrish shalaati biminaa no 695



وَعَنْ كُرَيْبٍ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَلاَ أُحَدِّثُكُمْ عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى السَّفَرِ قَالَ قُلْنَا بَلَى. قَالَ كَانَ إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ فِى مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ يَرْكَبَ
تعليق شعيب الأرنؤوط : صحيح

Bersumber dari Kuraib bahwasanya Ibnu Abbas r.a berkata : Maukah kalian kuberitahu tentang shalatnya Rasulullah  saw di dalam perjalanan ? Kami berkata : Mau.
Ibnu Abbas r.a berkata : Apabila matahari telah tergelincir ( sudah masuk waktu dhuhur ) ketika Nabi saw masih tempat tinggalnya (di persinggahan dalam safar) , maka beliau saw menjama’ shalat dhuhur dengan ashar sebelum berangkat.

 
Hadits shahih riwayat Ahmad 1/368 no 3470
عَنْ مُعَاذٍ قَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى غَزْوَةِ تَبُوكَ فَكَانَ يُصَلِّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا

Bersumber dari Mu’adz r.a dia berkata : Kami keluar bersama dengan Nabi saw dalam perang tabuk.
Maka Nabi saw mengerjakan shalat dhuhur dan ashar dengan cara jama’. Dan antara maghrib dan isya’juga dengan cara jama’.
 
Hadits shahih riwayat Muslim Kitabu Shalatil Musaafiriin bab 6 no 706   
Penjelasan :

•    Ketika Nabi saw berada di Mina, beliau saw mengerjakan shalat pada waktu masing masing dengan cara qashar tanpa jama’ ( semua shalat 5 waktu dikerjakan pada waktu masing masing dengan jumlah 2 raka’at , kecuali maghrib yang dikerjakan dengan 3 raka’at).

•    Ketika dalam perjalanannya yang lain , Nabi saw mengerjakan shalat dhuhur dan ashar dengan cara jama’ serta maghrib dan isya’ dengan cara jama’ juga.

Maka : Musafir boleh memilih. Dia boleh menjama’ shalat , boleh juga shalat pada waktu masing masing dengan cara qashar (dikerjakan dengan jumlah 2 raka’at)..

b) Jama’ Ta’khir : * Shalat dhuhur dan ashar yang dilakukan diwaktu ashar
                             * Shalat maghrib dan isya’ yang dilakukan diwaktu isya’

Jama’ Ta’khir pernah dilakukan oleh Nabi saw didalam safar atau di persinggahan dalam safar atau ketika beliau saw muqim di Madinah ( tidak sedang bepergian )

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ ، ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا

Bersumber dari Anas bin Malik r.a, dia berkata : Bahwasanya Rasulullah saw apabila bepergian sebelum matahari tergelincir ( sebelum masuk waktu dhuhur ) , beliau saw menunda shalat dhuhurnya hingga masuk waktu ashar, kemudian beliau saw turun dari kendaraannya dan menjama’ 2 shalat tersebut.

Hadits shahih riwayat Al Bukhari Kitabu Taqshirish Shalah bab 16 no 1112 ( ini adalah lafadznya )
Muslim Kitabu Shalatil Musaafiriin bab 5 no 704.


عَنْ مُعَاذٍ قَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى غَزْوَةِ تَبُوكَ فَكَانَ يُصَلِّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا

Bersumber dari Mu’adz r.a dia berkata : Kami keluar bersama dengan Nabi saw dalam perang tabuk.
Maka Nabi saw mengerjakan shalat dhuhur dan ashar dengan cara jama’. Dan antara maghrib dan isya’juga dengan cara jama’.

Hadits shahih riwayat Muslim Kitabu Shalatil Musaafiriin bab 6 no 706   

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِالْمَدِينَةِ فِى غَيْرِ خَوْفٍ وَلاَ مَطَرٍ

Bersumber dari Ibnu Abbas r.a , dia berkata : Rasulullah saw pernah menjama’ antara shalat dhuhur dan ashar , serta antara maghrib dan isya’ di Madinah tanpa sebab ketakutan maupun hujan.
Hadits shahih riwayat Muslim Kitabu Shalatil Musafirin bab 6 no 705.
Penjelasan :

Jama’ ta’khir adalah rukhshah (keringanan) yang diberikan kepada umat Islam, baik yang sedang dalam perjalanan , atau sedang berada di persinggahan dalam perjalanan , atau bagi yang berada di kampungnya (tidak sedang melakukan perjalanan).

Yang dimaksud keringanan adalah sebuah pilihan yang boleh diambil dan boleh juga tidak diambil.
Sehingga setiap Muslim yang berada dalam perjalanan boleh mengerjakan shalat dengan cara jama’ ta’khir , dan boleh juga mengerjakan shalat pada waktu masing masing.

Khusus bagi yang sedang tidak bepergian , jama’ ta’khir juga boleh dilakukan sesekali. Karena Nabi saw senantiasa mengerjakan shalat pada waktu masing masing ketika tidak sedang bepergian.
Beliau saw menjama’ shalatnya ketika tidak bepergian hanya sesekali saja.


MENJAMA’ SHALAT KETIKA HUJAN.

Sebagian umat Islam membolehkan menjama’ shalat ketika hujan di kampungnya, walaupun tidak sedang bepergian.

Alasannya : didapati hadits yang mengarah kepada makna tersebut.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِالْمَدِينَةِ فِى غَيْرِ خَوْفٍ وَلاَ مَطَرٍ

Bersumber dari Ibnu Abbas r.a , dia berkata : Rasulullah saw pernah menjama’ antara shalat dhuhur dan ashar , serta antara maghrib dan isya’ di Madinah tanpa sebab ketakutan maupun hujan.

Hadits shahih riwayat Muslim Kitabu Shalatil Musafirin bab 6 no 705.
Penjelasan :

Kalimat “tanpa sebab ketakutan maupun hujan” mengisyaratkan bahwa : menjama’shalat ketika dalam keadaan takut atau hujan sudah biasa dilakukan pada masa Rasulullah saw.
Jika tidak diartikan demikian , maka kalimat tersebut tidak ada manfa’atnya.

Oleh : Ustadz Mubarak Abdul Rahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG HIJRAH MENANTI