Senin, 15 Agustus 2016

SUJUD SAHWI

Sujud sahwi adalah sujud 2 kali  yang dilakukan di dalam shalat karena mengalami lupa di dalam shalatnya.

Didapati beberap hadits tentang sujud sahwi yang dilakukan oleh Rasulullah saw.

1. Tidak melakukan tahiyat awal, maka beliau saw sujud 2 kali sebelum salam, kemudian salam.
Selesai.

2. Melakukan shalat dhuhur atau ashar 2 raka'at langsung salam.
Setelah diingatkan oleh makmumnya, Rasulullah saw menambah 2 raka'at yang kurang tadi. Kemudian salam. Kemudian sujud sahwi 2 kali. Kemudian salam lagi.
Selesai.

3. Shalat ashar 3 raka'at langsung salam.
Setelah diingatkan, maka beliau saw menambah 1 raka'at lagi kemudian salam, kemudian sujud sahwi 2 kali. Kemudian salam lagi.
Selesai.

4. Beliau saw melakukan shalat 5 raka'at. Setelah diingatkan, beliau saw melipat kakinya sambil menghadap Qiblat, kemudian sujud sahwi 2 kali. Tidak didapati berita apakah setelah sujud sahwi ini beliau saw salam lagi. 
Yang saya pilih : setelah sujud sahwi mesti salam lagi.

5. Beliau saw mengajarkan bahwa jika seseorang lupa jumlah raka'at dan dia menyadari kelupaan ini, maka hendaknya dia menetapkan jumlah raka'at tertentu, kemudian sujud sahwi sebelum salam.
Jika dia tidak lupa tentang jumlah raka'at, tetapi hatinya sangsi, tidak yaqin dengan jumlah yang diyaqininya, maka dia sujud sahwi setelah salam.

Di luar perkara yang disebutkan di dalam hadits ini , ternyata muncul cabang permasalahan baru yang jumlahnya sangat banyak. Karena tidak didapati hadits yang secara tegas dan jelas yang dapat dijadikan sebagai dalil maka para ulama berbeda pendapat dalam menyikapinya. Semua perbedaan pendapat ini berdasarkan pertimbangan aqal yang didasarkan kepada pemahamannya terhadap dalil dalil secara umum.

Saya kumpulkan tidak kurang dari 13 macam dan Insya Allah akan kita jelaskan pada pertemuan berikutnya.

Oleh : Ustadz Mubarak Abdul Rahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG HIJRAH MENANTI